banner justine gombong

Pusat Perhiasan Xuping Gombong

Blok F no. 11 Pasar Wonokriyo Gombong. Kab. Kebumen Prov. Jawa Tengah
official@justinecollection.com
Follow Us
Terbukti Ampuh 8 Cara Memperbaiki Kerusakan Semua Tipe Perhiasan
8 Cara Memperbaiki Kerusakan Semua Tipe Perhiasan

Memperbaiki kerusakan perhiasan memiliki asal mula masalah yang cukup universal. Sebuah perhiasan tentunya sering mengalami kerusakan - kerusakan kecil yang bervariasi. Penyebab kerusakan ini memiliki beraneka ragam dan pasti membuat kamu terkadang merasa kesal. Selain itu banyaknya bahan dalam membuat perhiasan juga membuat salah satu yang sering menjadi pertanyaan cara memperbaikinya.

Karena setiap bahan merupakan zat khusus yang tak bisa sembarangan untuk kita campur - campurkan pada segala jenis zat sebagai alat mencegah kerusakan. Nah, Justine Collection punya 9 cara memperbaiki kerusakan pada semua tipe perhiasan yang dapat kamu coba kapanpun.

Memperbaiki Perhiasan Kusam

perhiasan kusam

Perhiasan tak luput dari masalah emas yang sering digunakan ataupun perhiasan yang sudah lama terkadang  membuat warna pada perhiasan sedikit memudar. Hal tidak lain karena sebuah perhiasan dapat terkena langsung beberapa elemen yang berbahaya bagi bahan utamanya. Secara normal beberapa elemen yang sangat sensitif bagi perhiasan seperti parfum ataupun bahan kimia. Namun kusamnya suatu perhiasan bukan merupakan masalah serius.

Dalam hal ini kamu tak perlu khawatir. Agar perhiasan tetap terlihat berkilau, cara utama yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan pembersih perhiasan. Biasanya cairan jenis ini sangatlah mudah untuk kamu temukan dalam toko online. Namun sebelum kamu membeli, kamu wajib tahu tentang penggunaan bahan yang bisa cairan tersebut gunakan. Pastikan cairan pembersih yang kamu beli merupakan cairan yang cocok dengan bahan dasar perhiasan kamu. Entah itu emas, silver, berlian milikmu sendiri..

Dudukan Batu Berlian Longgar

Cincin dengan batu berlian kebanyakan mudah lepas karena cincin terbentur dengan benda keras dan benda - benda lain yang mengakibatkan rangka cincin menjadi longgar. Longgarnya cincin khususnya cincin yang memiliki berlian memang umum terjadi.

Hal ini karena seiring berjalannya waktu garpu penyangga pada cincin akan menipis tak jarang juga patah. Namun kamu tak perlu khawatir, karena kamu dapat mengatasinya dengan memeriksa cincin berlian.

Pemeriksaan ini dapat kamu lakukan di rumah ataupun ke toko perhiasan. Jika, kamu mengunjungi toko perhiasan maka mereka akan memeriksa dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada cincin. Selain hal itu, melepaskan cincin  pada saat melakukan aktivitas rumah tangga juga bisa menjadi solusi yang tepat. Hal ini bertujuan agar batu berlian tetap terjaga dan tidak terbentur benda lain yang menyebabkan kerusakan.

Cincin Bengkok

Cincin bengkok adalah salah satu kerusakan yang sering terjadi pada sebuah perhiasan yang kamu miliki. Bengkoknya sebuah cincin kadang kamu tidak akan menyadarinya. Perubahan bentuk pada cincin terjadi dengan secara bertahap. Penyebabnya seperti aktivitas sehari-hari dan aktivitas lainnya menjadi hal yang harus memperbaiki kerusakan perhiasan.

memperbaiki Cincin Bengkok

Cincin bengkok juga bisa disebabkan karena proses pencampuran logam dan material pendukung yang buruk. Nah jika cincin sudah terlanjur bengkok maka kamu tak perlu khawatir. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah toko perhiasan. Khusus kamu yang berada pada daerah Kebumen, kamu juga bisa datang langsung ke toko Justine Collection Gombong. Nantinya saat kamu datang kamu akan mendapatkan tawaran solusi terbaik.

Solusi yang akan kamu dapatkan adalah berdasarkan parah tidaknya kerusakan cincin. Jika  tidak parah, kamu bisa memperbaiki cincin tersebut dengan tongkat khusus yang digunakan untuk mengubah ukuran. Alat tersebut juga dapat memperbaiki cincin, dan biasa kita sebut dengan Mandrel. 

Untuk cara memperbaiki kerusakan dalam perhiasan sendiri adalah dengan membuat lunak logam yang menjadi bahan cincin tersebut. Sehingga cincin yang rusak tadi mudah untuk dibentuk kembali. Jika kerusakannya parah, kamu bisa memperbaharui rangka cincin tersebut dengan bahan tambahan. Namun, proses ini tergolong mahal karena dapat melibatkan proses pemotongan bagian bawah cincin dan penggantian atau penambahan logam sepenuhnya.

Mengatasi Alergi Pada Perhiasan

Alergi Pada Perhiasan

Apakah kamu pernah mengalami gatal-gatal saat menggunakan perhiasan yang kamu miliki? Jika kamu sering merasa gatal atau merasakan kemerahan saat mengenakan perhiasan, kemungkinan besar kamu mengalami alergi terhadap logam tertentu.

Nah karena hal tersebut maka pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mencari tahu jenis logam yang bisa menimbulkan alergi pada kulit. Namun kami dapat sarankan kamu dapat mencari bahan alternatif untuk berbagai perhiasan kamu.

Bahan alternatif ini tidak lain seperti Xuping, Silver, Gold, dan lainnya. Biasanya perhiasan - perhiasan tersebut memiliki sifat hypoallergenic. Dengan sifat logam hypoallergenic dipercaya dapat menghindari alergi. Logam jenis ini merupakan logam yang tidak menimbulkan alergi dan sangat cocok dengan semua jenis kulit, terlebih bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Mengatasi Perhiasan Tergores

Beberapa perhiasan yang terbuat dari emas ataupun perak sering terlihat terdapat goresan yang tipis. Selain itu bahan tanpa ada lapisan zat lain membuat jenis perhiasan ini tak menutup kemungkinan dapat tergores dengan mudah.Nah jika kamu mempunyai masalah perhiasan satu ini, maka solusi utama yang menjadi andalan dan dapat kamu terapkan ada dalam beberapa tip berikut. 

Goresan Ringan

Jika goresan pada perhiasan kamu tergolong ringan, kamu bisa membeli dan menggunakan  kain poles. Kain ini sangatlah umum dapat kamu temui dalam toko secara umum. Akan tetapi, kami sangat menganjurkan jika bila perhiasan kamu memiliki banyak goresan lebih baik memolesnya ke toko perhiasan. Hal ini tidak lain karena pemolesan dari toko perhiasan menggunakan bahan pemoles yang lebih baik.

Goresan Berat

Saat perhiasan kamu memiliki goresan berat, maka kami sangat memberikan rekomendasi untuk ke toko yang sudah berpengalaman. Hal ini tidak lain jika kamu sembarangan dalam melakukan reparasi, maka besar kemungkinan jika perhiasan kamu akan menjadi lebih parah. Hal ini tidak lain karena peralatan dan pengalaman dalam melakukan pemolesan dalam perhiasan. Alat canggih pun tak luput untuk menyelesaikan masalah satu ini.

Masalah Perubahan Warna Perhiasan

Perubahan Warna Perhiasan

Segala macam bahan perhiasan yang berada di Indonesia saat ini dapat berubah warna sewaktu - waktu. Mulai dari bahan Emas putih akan memudar atau perak yang disepuh kuning akan berubah ke warna aslinya kembali ke putih. Jika kamu tak ingin perhiasan kamu kembali ke warna asal, maka kamu perlu melakukan perawatan secara rutin.

Untuk melakukan perawatan rutin sendiri kamu dapat datang ke toko perhiasan untuk memperbarui lapisan. Proses memperbarui lapisan memakan waktu 15 - 30 menit tergantung dari besar kecilnya barang. 

Hitamnya Perhiasan Perak

Perhiasan perak merupakan perhiasan yang paling mudah terkena noda, bercak, ataupun goresan yang tidak kita sadari. Selain itu beberapa perhiasan perak terdapat juga campuran tembaga. Campuran ini membuat perak menjadi lebih padat, tapi dapat menimbulkan noda kehitaman yang cukup mencolok pada perhiasan perak. Untuk perawat jenis perhiasan perak kamu perlu merawat perhiasan perak dengan cara menyimpannya menggunakan kain untuk menghindari noda.

Selain itu sebelum kamu menyimpannya kamu juga dapat mencucinya dengan sabun cuci piring. Hal ini dapat memperlambat noda kehitaman yang muncul pada perhiasan. Cara lainnya adalah dengan menyimpan menggunakan kain. Hal ini dapat menghindari gesekan dengan perhiasan lain dan juga jangan lupa untuk  taruhlah perhiasan perak kamu pada tempat yang sejuk dan kering.

Berlian Retak

Berlian Retak

Salah satu kelemahan sebuah Batu berlian terutama imitasi adalah dapat timbul retakan dan pecah. Hal Ini merupakan salah satu kerusakan pada perhiasan yang tergolong fatal. Sebagai pemilik, kamu harus memperhatikan dan dan menjaga berlian yang sudah kamu beli agar hal tersebut tidak terjadi.

Jika berlian kamu terlihat memiliki garis atau titik yang sebelumnya tidak ada, kamu harus segera memastikan garis tersebut. Apakah yang kamu lihat benar-benar sebuah retakan atau hanya effect cahaya saja. Pasalnya, hampir semua berlian memiliki ‘tanda lahir’ yang terbentuk berupa cacat pada bagian dalam. Hal ini memiliki sebutan inklusi. Untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan proses re-cutting pada berlian. Hasil dari proses ini tidak lain adalah me-reposisi berlian untuk dapat menyamarkan retakannya.

Nah dengan segala tips yang telah kami berikan dalam artikel ini, pastinya kamu dapat melakukannya sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu belum melakukan perawatan pada perhiasan kamu, maka segeralah melakukan perawatan rutin agar tidak mendapatkan masalah fatal pada kemudian hari. Akhir kata selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *